Writing Competition StuNed Day 2020

Publication date: 2020-03-08 11:24

Nuffic Neso Indonesia mengajak seluruh pelajar Indonesia di Belanda untuk ikut serta dalam kompetisi ‘feature writing’ dalam rangka StuNed Day 2020.

Aku dan Holland

Menulis? Buat sebagian besar orang Indonesia ini adalah momok yang lumayan menakutkan. Dalam budaya kita menulis memang kurang populer sebagai media untuk mengungkapkan pendapat. Kita terbiasa mendapat informasi melalui ‘dongeng’, dan cerita yang disampaikan  secara berantai, turun temurun. Budaya menangkap informasi dengan mendengar (listening)  menjadi lebih dominan. Dalam ilmu Bahasa, kemampuan mendengar dan berbicara adalah hubungan yang interrelated. Jika kita banyak mendapatkan paparan berupa informasi dari mendengar maka secara otomatis kita akan dapat menyampaikan hal yang kita dengar. Lihat saja seorang anak balita yang menonton film kartun berbahasa Inggris setiap hari secara rutin, dalam waktu singkat ia sudah dapat bercakap singkat dalam Bahasa Inggris. Itu yang disebut natural approach.

Namun tidak demikian halnya dengan menulis, menulis butuh ‘intervensi’, harus dilatih. Salah satu intervensi penting adalah membaca. Tidak ada penulis yang baik yang tidak suka membaca. Lihatlah Muhammad Hatta, Soekarno, mereka adalah orang-orang yang menggandrungi kegiatan membaca. Maka tidaklah heran jika mereka juga penulis-penulis handal.

Pengalaman selama studi dan hidup di Belanda adalah paparan luar biasa yang tidak didapatkan oleh semua orang. Banyak hal dari keseharian yang dapat dituangkan, diartikulasikan, direfleksikan dalam sebuah tulisan. Bukan hanya tentang studi namun juga tentang keseharian dan kelumrahan yang ditemui setiap hari. Bukan hanya tentang tulip dan kincir angin atau hebatnya negeri kecil ini menangani hal-hal besar, namun juga tentang bagaimana Belanda telah mengubah pola pandang kita, cara bersikap, cara berkomunikasi, cara bersosialisasi dan bahkan cara bernegara.

Neso Indonesia mengajak seluruh pelajar Indonesia di Belanda untuk ikut serta dalam kompetisi ‘feature writing’ dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Tema : “Aku dan Holland “(tema umum, namun bukan judul tulisan) .

Tulisan adalah feature story, karya original, belum pernah dipublikasikan di media manapun. Merupakan tulisan yang mengandung unsur reflektif, kontemplatif, menginspirasi. Tulisan juga harus memiliki artikulasi dan ‘pesan’ yang jelas serta dapat bertujuan untuk menginformasikan, menghibur, mendorong, atau dapat pula menjawab rasa keingintahuan pembaca akan sebuah topik. Disajikan secara menarik dan dari perspektif yang berbeda.

  • Panjang tulisan: 1000 – 1500 kata

Tulisan dikirimkan  ke panitia kompetisi di stuned@nesoindonesia.or.id paling lambat Sabtu, 14 Maret 2020.

Tulisan yang masuk akan diseleksi oleh tim juri yang terdiri dari pihak Neso Indonesia dan PPI Belanda. Pemenang lomba ini akan diumumkan pada Sabtu, 28 Maret 2020 di acara StuNed Day 2020 di KBRI Den Haag. Disediakan hadiah menarik untuk 3 tulisan terbaik, serta 10 tulisan terbaik akan ditampilkan di situs www.nesoindonesia.or.id.

Diperbaharuai terakhir 2020-03-08 11:24