PhD

Mengambil gelar PhD berarti Anda harus menghabiskan waktu minimal empat tahun untuk melakukan penelitian dan menulis disertasi. Selama empat tahun ini, kandidat PhD bekerja sama dengan erat bersama pengawasnya. PhD tidak dianggap sebagai sebuah studi, namun riset serius dan kandidat PhD di Belanda seringkali dalam keadaan bekerja dan memperoleh gaji.

Mengapa memilih Belanda untuk mengambil gelar PhD?

  • Belanda memiliki sekolah pascasarjana terbaik.
  • Tersedia berbagai macam jenis riset lapangan dan kerja sama antar disiplin ilmu yang luas.
  • Riset kelas dunia: 13 universitas riset Belanda masuk dalam 200 universitas teratas dalam Peringkat Akademik Universitas Dunia tahun 2014.
  • Banyak kontrak kerja berbayar untuk kandidat PhD


Sekolah riset dan sekolah pascasarjana

Semua kandidat PhD merupakan bagian dari sekolah pascasarjana atau sekolah riset. Sekolah riset bermitra dengan berbagai universitas riset dan lembaga riset sementara sekolah pascasarjana dikelola di dalam universitas. Keduanya menyediakan lingkungan riset yang memberikan inspirasi, menawarkan program studi yang dibuat khusus, kelas master, seminar dan konferensi.

PhD Belanda sangat dihargai

Setelah disertasi Anda disetujui untuk dipublikasikan, Anda harus mempertahankan disertasi Anda di depan umum dan dianugerahi PhD dalam sebuah tradisi acara yang penting. PhD dari universitas Belanda sangat dihargai berkat standar akademinya yang tinggi. Negeri Belanda menduduki peringkat internasional yang sangat baik dari segi jumlah publikasi untuk setiap perisetnya (peringkat kedua) dan dampak dari publikasi riset tersebut (peringkat keempat).

Di mana sajakah PhD ditawarkan?

Di Belanda, penelitian dilakukan oleh universitas riset, lembaga dan perusahaan riset, namun hanya universitas riset yang dapat menganugerahkan gelar PhD. Lembaga riset lainnya yang bekerja sama dengan erat dengan sebuah universitas dapat juga menawarkan jabatan PhD.

Sebagian besar jabatan PhD seringkali diiklankan pada papan informasi pekerjaan seperti AcademicTransfer, dalam jurnal ilmiah atau papan pengumuman di lembaga lain. Jika Anda melihat jabatan PhD yang menarik perhatian Anda, hubungi lembaga tersebut secara langsung untuk mengetahui prosedur pengajuan aplikasinya.

Proposal riset menjadi milik Anda

Jika Anda memiliki proposal riset spesifik dan tidak dapat menemukan lowongan yang sesuai, Anda dapat mengajukan gagasan Anda ke universitas atau kelompok riset yang melakukan riset tersebut pada bidang yang relevan dan dapat menyediakan dana. Untuk mengetahui daftar disiplin ilmu yang tersedia di universitas riset dan lembaga riset, lihat lembar fakta universitas riset Belanda.

last modified Dec 07, 2015 09:18 AM