Program Numerus fixus

Untuk beberapa program studi, institusi pendidikan Belanda telah menetapkan kapasitas kelas dalam jumlah tertentu yang berarti ada keterbatasan tempat yang tersedia bagi mahasiswa baru. Hal ini disebut 'Numerus fixus'.

Jika jumlah siswa yang mendaftar melebihi jumlah tempat yang tersedia, prosedur seleksi akan dilakukan. Oleh karena itu, proses pendaftaran juga akan dilakukan dengan cara yang berbeda dari program studi reguler.

Pastikan dengan institusi yang Anda tuju terlebih dahulu

Anda perlu pastikan dengan institusi pendidikan yang Anda tuju apakah program pilihan Anda merupakan program yang Numerus fixus / terbatas. Pihak tertuju akan menginformasikan apakah Anda dapat mengajukan permohonan melalui Studielink atau cara yang lainnya. Beberapa institusi mungkin akan melakukan proses review dokumen terlebih dahulu sebelum studielink.

Pendaftaran dengan Studielink

Jika Anda perlu mengajukan permohonan melalui Studielink, Anda harus mendaftar sebelum 15 Januari (pukul 23:59 CET). Silahkan akses informasi tentang Studielink lebih lanjut.

Maksimal 2 (dua) aplikasi

Untuk setiap tahun akademik yang baru, Anda dapat mengajukan permohonan untuk maksimal dua program Numerus fixus. Institusi pendidikan tinggi yang dituju akan memutuskan berapa kali Anda dapat berpartisipasi dalam proses seleksi.

Program studi Kedokteran, Kedokteran Gigi, Kesehatan gigi dan Fisioterapi merupakan program pengecualian; untuk program ini Anda hanya dapat mengajukan satu aplikasi per program, di masing-masing tahun akademik. Sebagai contoh; Anda tidak dapat mengajukan permohonan untuk program Kedokteran di dua universitas yang berbeda, namun Anda diperbolehkan untuk mengajukan program Kedokteran dan Kedokteran Gigi.

Seleksi berdasarkan jumlah ranking

Jika jumlah siswa yang mendaftar melebihi jumlah tempat yang tersedia, seleksi akan berlangsung antara 15 Januari hingga 15 April. Institusi pendidikan memutuskan proses seleksi yang akan dilakukan dan memberikan informasi lebih lanjut.

Kandidat dalam prosedur seleksi akan menerima nomor peringkat via Studielink pada 15 April. Nomor peringkat ini akan ditentukan oleh institusi tersebut, berdasarkan kriteria seleksi mereka. Untuk berhasil masuk pada program studi tersebut, tergantung peringkat Anda dan jumlah tempat yang tersedia.

Kesempatan yang ditawarkan

Jika Anda ditawarkan kesempatan untuk dapat memasuki program yang diajukan, Anda harus menerima tawaran tersebut melalui Studielink dalam jangka waktu dua minggu. Jika Anda tidak menerima tawaran dalam waktu yang ditentukan, maka tawaran Anda akan diberikan kepada siswa lain secara otomatis.

Jika Anda diterima dalam program tertuju, masih ada kemungkinan siswa yang dipilih tidak menerima tawaran merka. sehingga, tawaran ini mungkin saja diberikan kepada siswa di daftar tunggu berikutnya. Sebagai contoh, jika ada 100 tempat yang tersedia dan salah satu dari 100 siswa yang dipilih tidak menerima tawaran, tempat akan ditawarkan kepada kandidat dengan peringkat nomor 101.

langkah-langkah pendaftaran program Numerus fixus(730 kB)

Tidak adanya proses seleksi 

Jika jumlah pelamar/kandidat untuk program Numerus fixus lebih rendah dari jumlah tempat yang tersedia. Maka semua pelamar akan mendapatkan tempat pada 15 April. Anda tetap diharuskan menerima tawaran tempat tersebut dalam waktu dua minggu melalui Studielink.

Diperbaharuai terakhir 2016-11-14 06:38