F.A.Q (Frequently Asked Questions)

Di bawah ini adalah daftar pertanyaan yang sering diajukan tentang Orange Tulip Scholarship. Jika pertanyaan Anda tidak ada, mohon kirimkan e-mail ke ots@nesoindonesia.or.id

icon FAQ

Apakah saya bisa mendaftar beasiswa Orange Tulip Scholarship (OTS)?

Jika Anda warga negara Indonesia, jika Anda berniat menempuh studi di Belanda pada jenjang Bachelor atau Master dan jika Anda sudah diterima di perguruan tinggi Belanda atau sedang dalam proses pendaftaran, maka Anda bisa mendaftar beasiswa ini.

Harap cek Proses Pendaftaran dan Seleksi

Apabila universitas dan/atau program studi yang saya tuju tidak ada dalam daftar sponsor/skema, apakah saya bisa mendaftar Orange Tulip Scholarship?

Tidak semua Perguruan tinggi Belanda menawarkan Orange Tulip Scholarship dan hanya berlaku atas program-program studi di universitas yang tertera di halaman Skema. Daftar perguruan tinggi mana saja yang menawarkan OTS setiap tahunnya pun dapat berubah. 
 

Apakah Nuffic Neso Indonesia membantu proses pendaftaran program studi ke universitas tujuan saya?

Tidak, kami tidak membantu proses pendaftaran ke universitas/institusi pendidikan tinggi Belanda manapun. Kami memberikan informasi dan tahapan yang dapat Anda ikuti dengan mudah untuk mendaftar ke salah satu universitas tujuan Anda.
 

Tingkatan program studi apa saja yang bisa melamar Orange Tulip Scholarship?

Tingkat program studi yang termasuk dalam skema OTS beragam dari satu perguruan tinggi ke perguruan tinggi lainnya. Bisa saja hanya salah satu dari program Sarjana/Magister. Tidak menutup kemungkinan, ada perguruan tinggi yang menarakan OTS untuk program Sarjana dan Magister. 

Selain itu program studi yang ditawarkan juga berbeda. Harap cermati, tidak semua program studi/fakutas yang ada di universitas yang Anda tuju dapat dinanai oleh OTS. Maka, sangat penting untuk mencermati laman khusus institusi/ perguruan tinggi peserta OTS.

Berapa nominal yang didanai Orange Tulip Scholarship?

Secara umum, penerima beasiswa OTS akan mendapatkan potongan biaya studi mulai dari 30% - 100% atau hanya menawarkan tanggungan biaya hidup per bulan (tanpa potongan biaya studi). Sisa biaya yang tidak tertulis di dalam skema berarti tidak didanai beasiswa sehingga perlu ditanggung oleh penerima beasiswa dengan finansial pribadi atau sponsor lainnya. Nominal beasiswa telah dituliskan secara rinci di dalam skema per universitas. Skema Orange Tulip Scholarship juga menjelaskan secara rinci nominal yang akan diperoleh penerima beasiswa.

Kapan batas waktu/deadline pendaftaran Orange Tulip Scholarship?

Deadline umum pendaftaran dan penyerahan berkas Orange Tulip Scholarship ke Neso Indonesia adalah 1 May 2020. Untuk beberapa skema, batas waktunya mungkin sebelum atau sesudah deadline umum OTS. Harap membaca keterangan deadline di halaman tiap skema.


Dalam bentuk apa berkas pendaftaran harus saya kirimkan? Kemana mengirimnya?

Berkas pendaftaran Orange Tulip Scholarship HANYA perlu dikirimkan dalam bentuk softcopy :

a). Berkas softcopy dalam bentuk Word atau PDF

b). Setiap file diberi nama jelas dalam Bahasa Inggris: 
     [document name] - [applicant's name].
     Contoh: Admission Proof - Maulana Taufik

c). Total seluruh lampiran (attachment) maksimal 20MB.
     Mohon untuk TIDAK menyatukan dokumen menggunakan format Zip / Rar

d). Kirimkan dokumen melalui e-mail ke  
     subyek e-mail: OTS 2020-2021 Application-[nama universitas]-[nama Anda] 
     Contoh: OTS 2020-2021 Application - University of Amsterdam - Maulana Taufik


Harap diperhatikan bahwa Anda sendiri tetap harus mengurus proses pendaftaran ke salah satu program studi di perguruan tinggi Belanda sebelum mengajukan OTS. 

Pastikan Anda menerima email konfimasi bahwa kami telah menerima aplikasi Anda. Email konfirmasi biasanya akan dikirimkan 1-2 minggu setelah pengiriman. Silahkan hubungi kembali ots@nesoindonesia.or.id atau langsung hubungi kantor kami. Hal ini untuk mencegah email aplikasi Anda yang tidak terkirim dengan baik.

Bisakah saya memulai proses pendaftaran Orange Tulip Scholarship jika saya belum diterima di perguruan tinggi Belanda?

Ya, Anda bisa memulai pendaftaran OTS sekarang walaupun belum mendapatkan Letter of Acceptance, asalkan sudah memulai proses pendaftaran ke universitas tujuan. Penting diingat, terkadang ada universitas yang mengharuskan Anda mendapatkan LoA saat mendaftar. Sehingga Anda perlu cermati bagian "Dokumen yang dibutuhkan" di setiap laman universitas dalam skema OTS.
 

Saya sudah memiliki Conditional Letter of Acceptance dari perguruan tinggi Belanda. Bisakah saya memulai pendaftaran Orange Tulip Scholarship?

Ya, jika conditional LoA Anda adalah dari program studi di universitas peserta OTS.

 

Bagaimana menunjukan "Bukti telah memulai pendaftaran" untuk mendaftar Orange Tulip Scholarship?

Cukup dengan screenshot email dari universitas (peserta OTS) yang menyatakan bahwa dokumen pendaftaran Anda telah diterima dengan baik dan segera diproses.
 

Bisakah saya mendaftar untuk dua universitas/program dalam skema?

Bisa, kirimkan dokumen yang dibutuhkan secara terpisah ke email OTS. 

 

Bagaimana saya tahu apakah saya berhasil atau gagal mendapatkan Orange Tulip Scholarship?

Universitas yang akan mengirimkan e-mail langsung kepada para penerima beasiswa OTS. 

 

Saya memiliki pertanyaan tentang Orange Tulip Scholarship yang belum terjawab. Kemana saya bisa bertanya?

Jika Anda masih memiliki pertanyaan, harap menghubungi 

t. (021) 5085 87 87 ext. 202
e. ots@nesoindonesia.or.id


Diperbaharuai terakhir 2019-11-20 09:35